Senin, 09 April 2012

2 Cangkir Teh Sehari, Tangkal Kanker Kulit

2 Cangkir Teh Sehari, Tangkal Kanker Kulit


Selain menggunakan penutup kepala dan krim tabir surya, menurut studi terbaru Anda juga bisa menangkal serangan sinar UV lewat dua cangkir teh setiap harinya.

Hidup di Indonesia yang mataharinya bersinar terus sepanjang tahun membuat kita sangat rentan terkena kanker kulit. Sebagai perbandingan, sinar ultraviolet beta yang terkandung dalam sinar matahari di atas kota Jakarta intensitasnya 2,5 kali lebih kuat daripada di atas kota Tokyo, Jepang. Sedangkan di atas kota Denpasar malah lima kali lebih kuat dibanding dengan di Tokyo.



Keampuhan teh sebagai penangkal kanker kulit telah dibuktikan para peneliti dari AS. Dalam risetnya, mereka membandingkan kesehatan 1400 orang yang suka minum teh namun telah terkena kanker kulit, dengan 700 orang yang masih sehat.

Dari 1400 pasien kanker kulit yang diteliti, 90 persen penyebabnya adalah sinar matahari. Sekitar 770 orang memiliki sel basal karsinoma dan 696 sel karsinoma. Kedua jenis sel tersebut adalah sel kanker yang berkembang di kulit.

Tim peneliti lalu melakukan wawancara dengan kelompok responden kanker dan kelompok responden sehat tentang pola makan, gaya hidup dan kebiasaan mengonsumsi teh hijau atau teh hitam.

Ternyata, orang yang secara teratur minum teh, risiko terkena kedua sel kanker kulit tadi lebih rendah. Mereka yang mengonsumsi minimal dua cangkir tiap hari, risikonya lebih rendah 65 persen.

Hasil riset tersebut dipublikasikan dalam European Journal of Cancer. Tim peneliti menyebutkan bahwa hasil riset ini bisa menjadi petunjuk untuk mengetahui bagaimana sel kanker berkembang.

Berbagai penelitian juga telah menunjukkan daun tehmengandung unsur zat antioksidasi yang mampu memperkuat saluran-saluran darah, antiradiasi, memperlancar pembuangan air seni, dan dapat menekan pertumbuhan sel kanker.

Menanggapi riset tersebut, Dr.Alison Ross dari Cancer Research, Inggris, mengatakan bahwa riset itu belum memberikan bukti yang kuat bagaimana minum teh melindungi kulit dari serangan kanker.

"Saran kami adalah hindari sinar matahari antara jam 11 pagi hingga jam 3 sore. Jika ingin berada di bawah matahari gunakan krim tabir surya minimal SPF 15, termasuk juga untuk anak-anak," katanya.

Sumber : kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih komentarnya gan ...