Rabu, 25 April 2012

Tips membersihkanPerabot


Resep dan Tips membersihkan Perabot rumah
Membuat KM bersih selalu, memang kudu punya niat kuat karena sehabis mandi, uap air panas kadang tidak cepat hilang, kecuali fan di KM kita nyalakan. Jika KM anda punya jendela, bukalah jendela agar uap dan bau di dalam KM cepat keluar. KM yang tak berjendela bisa mudah humid dan humiditas bisa mengundang jamur dan bakteri jadi demen di KM. Makanya, KM harus sering-sering dibersihkan deh.

SINKS (Wastafel di kamar mandi atau di Powder room)

Hampir semua produk pembersih wastafel mengandung pemutih Chlorine yang bukan saja memutihkan tetapi juga menghilangkan noda. Sayangnya produk Chlorine akan menghasilkan uap yang bisa mengiritasi mata, hidung, tenggorokan dan paru-apru jika terkena air. Jadi berbahaya.

Hal lain yang berbahaya dari produk Chlorine adalah jika tercampur dengan ammonia (yg biasanya terdapat pada produk pembersih kamar mandi lainnya misalnya utk membersihkan Toilet Bowl). Kalau kita tak hati-2, dan keduanya bercampur, akan terbentuk uap yang mematikan !!!.

Bubuk pembersih wastafel lainnya sering mengandung detergent dan talc yang bisa saja terkontaminasi oleh asbestos dan bisa menyebabkan kanker. Padahal tidak ada level aman dari asbestos exposure, artinya sedikit saja bisa menimbulkan bahaya yang besar.

Resep Membersihkan Sinks secara Alami :
a ) Bahan :
250 ml Baking Soda
60 ml Borax
Cara : Campurlah keduanya dan gunakan utk membersihkan seluruh bagian kamar mandi (bukan hanya sinks saja), lalu bilas dengan air bersih atau pada kain bersih yang dibasahi air.
b) Soft scrub Mixture
Bahan :
60 ml Baking Soda
30 ml Borax
30 ml Washing Soda
Sabun cair secukupnya
Cara : Campurlah hingga terbentuk cream dan masukkan ke botol plastik yang bisa diremas (spt bekas botol cuka kalo di Indonesia).Setelah dipakai, bilaslah dengan bersih.



AIR FRESHENERS
Air Fresheners baik berbentuk spray atau lainnya, tidak menghilangkan bau sama sekali tetapi mereka menutupi bau tak enak dengan bau yang lebih enak dari dalam produknya, atau ada zat kimia yang dikeluarkan ke udara yang mempengaruhi kemampuan hidung kita untuk membau, dengan cara melapisi saluran nafas kita. Beberapa zat kimia berbaya yang sering terdapat pada air fresheners adlaah : Naphtalene, Phenol, Cresol, Ethanol, Xylene dan Formaldehyde.

Resep Membuat Air Freshener Alami
Bisa dipilih dari cara-2 dibawah ini, baik untuk kamar mandi maupun ruangan lainnya :
a) Bahan :
5 ml Baking Soda
5 ml Lemon Juice
2-3 tetes Essential oil (keharumannya disesuaikan dengan sesuai selera anda)
500 ml Air panas
Cara : Campur semuanya dan masukkan ke botol spray
b) Bahan bisa dipilih :
- Sepiring / semangkok kecil cuka atau Baking Soda atau Potpourri.
c) Tanaman yang bisa menyerap dan menetralkan polusi udara, semakin banyak semakin baik. Contohnya : Aloe Vera, English ivy, Fig Tree, Potted Chrysanthemums dan Spider Plants.
d) Zeolite :
Ini adalah mineral alami yang non toxic, ditemukan di daerah gunung yg aktif. Merupakan ion-exchanger maksudnya secara alami dia menyerap polutan dari udara. Dia bisa menyerap amonia dari air dan bisa membersihkan total udara yang kotor akibat asap yang membahayakan di dalam rumah dalam waktu tiga hari (misalnya jika sempat terbakar atau akibat uap/asap yang bahaya masuk ke dalam rumah). Selain menyerap dia juga melepas kembali (desorb) asap/uap kotor yang ia serap hanya dengan menaruh zeolite dibawah sinar matahari. Jadi bisa digunakan berkali-kali. Sayangnya zeolite hanya bisa dipesan lewat mail order dan bisa ditemukan hanya di beberapa health stores (tidak dijual umum).

MEMBERSIHKAN HANDUK
Bahan :
Phosphate free Detergents (saya lihat merek Sunlight utk cuci piring termasuk yg ini lho)
60 ml Borax
60 ml washing soda
125 ml cuka

Cara :
1. Cucilah handuk dengan 3 bahan pertama diatas untuk menghilangkan kuman, menyerap bau tak enak dan memutihkan.
2. Tambahkan 125 ml cuka pada saat membilas (saat mesin masuk ke rinse cycle) agar handuk tetap lembut.

Membersihkan Lantai dan bak mandi (Tub and Tile) secara Alami
Resep seperti pada bagian Sinks dan Showers
Membersihkan Showers secara Alami
Pembersih yang bisa membunuh jamur dan mildew bisa mengandung Phenol, Kerosene atau Pentachlorophenol yang semuanya sangat berbahaya jika terserap lewat kulit apalagi lewat jalan pernafasan dan jika tak sengaja masuk ke saluran pencernaan. Ada juga yang mengandung Formaldehyde yang oleh para ahli sering dicurigai sebagai penyebab kanker pada manusia; selain juga sangat mengiritasi mata, tenggorokan, kulit dan paru-2.

Resep Membersihkan Shower secara Alami
a) Bahan :
2 ml Washing Soda
5 ml Borax
2 ml sabun cair
45 ml cuka
500 air yang sangat panas

Campur semuanya dan masukkan ke botol spray. gunakan untuk menghilangkan bekas air, sabun dan mineral yang sering nempel di dinding shower, atap dan pintu kamar mandi. Setelah itu bilaslah dengan kain yang dicelup pada campuran air dan cuka.
b) Bersihkan shower curtain di mesin cuci yang diberi 125 borax dan air hangat. Jemur dibawah sinar matahari.
c) Bersihkan kran shower dengan campuran 1:1 yaitu 80 ml cuka dan 80 ml air panas. Untuk menghilangkan mineral yang membandel, bisa memakai sikat gigi tuaa atau pakai sponge yang agak kasar.



CHROME (Kran air)
Sikatlah kran air dan sekitarnya dengan baking soda memakai sikat gigi tua atau sponge kasar, lalu bilas dan kilapkan dengan campuran air dan cuka.



Drains (lubang dan saluran air)
Karena bahan utama pembersih saluran air mengandung Lye yang sangat korosif dan bisa merusak kulit, bahkan jika tak sengaja tertelan akan membakar jaringan pencernaan dan merusak kerongkongan, lambung serta usus. Maka gunakan resep dibawah ini :

Resep Membersihkan Saluran Air secara Alami
a) Gunakan jaring yang khusus dipasang di atas saluran air untuk mencegah masuknya rambut dan benda lain yang bisa membuntu saluran. Bisa dibeli di supermarket.
b) Use a plunger or plumber's snake first (ada yang tau maksudnya apa ya, karena saya belum pernah panggil plumber selama ini).
c) Tuangkan 60 ml Baking Soda ke dalam saluran air lalu tuangi dengan 60 ml cuka. Diamkan 15 menit lalu bilas dengan seceret air mendidih. Hasilnya luar biasa.

LANTAI KAMAR MANDI
Pembersih lantai sering mengandung senyawa kimia yang berbahaya jika terhirup. Contohnya Cresol, yang mudah masuk ke dalam kulit dan terserap mucous membranes dari saluran nafas; ternyata bisa merusak hati, ginjal, paru-paru, pankreas kantung empedu serta bisa mempengaruhi sistem syaraf pusat dan menyebabkan depresi, mudah marah dan hiperaktif. Senyawa kimia lainnya yang berbahaya misalnya Phenol, Ethanol, Formaldehyde, Ammonia dan Chlorine.

RESEP MEMBERSIHKAN LANTAI SECARA ALAMI
Bahan :
4 liter air panas
30 ml Baking soda
30 ml Borax
30 ml Washing Soda
125 ml vinegar
15 ml sabun cair.

Cara : Sampurlah semuanya untuk menyikat lantai. Bilas dengan air bersih atau cukup dilap dengan lap bersih yang dicelup air. Campuran ini juga bisa membersihkan dan menyerap bau serta membunuh kuman di sekitar toilet. Tuang sisanya ke dalam toilet dan biarkan beberapa menit, lalu sikat dengan sikat toilet dan flush.

KACA DAN CERMIN
Kebanyakan pembersih kaca dan cermin terdiri dari ammonia dan air yang dicampur dengan sedikit warna biru. Bila mengandung ammonia bisa mengeluarkan uap yang mengiritasi dan jika tak sengaja masuk ke mata, akan merusak mata. Ada juga yang mengandung lilin yang akan terus menempel di kaca dan cermin; jika ini terjadi anda harus menghilangkannya dengan Rubbing alcohol (alcohol 70 %) sebelum membersihkan jendela/kaca/cermin agar bebas dari bahan kimia berbahaya.

Resep Membersihkan Kaca dan cermin secara alami
Bahan :
2 ml sabun cair
45 ml cuka
500 cc air panas
Campur di dalam botol spray. gunakan kain katun 100 % untuk membersihkan dan mengilapkan.


Resep membersihkan TOILET atau WC secara alami
Cara a) Tuang 250 ml borax ke dalam toilet pada malam hari sebelum tidur, esoknya disikat dan di flush.
Cara b) Tuang campuran 1:1 ( 125 ml baking soda dan 125 ml cuka) ke dalam toilet. Busa yang terbentuk akan membersihkan dan menyerap bau. Sikat dan flush.
Cara c) Campur 60 ml borax, 30 ml cuka dan 500 ml air panas ke dalam botol spray. Gunakan utk membunuh kuman di toilet dan sekitarnya.
Cara d) Untuk membersihkan saluran toilet, bisa menggunakan Denture Cleaning Tablet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih komentarnya gan ...