Rabu, 25 April 2012

Tentang Kerupuk


Pengetahuan seputar Kerupuk

A. CIRI-CIRI KERUPUK YANG BAGUS

1. Kerupuk yang belum digoreng (masih mentah) yang bagus, harus mempunyai bahan-bahanyang tercampur rata. Lumatan ikan atau udang yang jadi bahan dasar pembuatan kerupuk harus tersebar rata di seluruh permukaan kerupuk, sehingga ketika digoreng dapat mekar dengan baik.

2.Pilih kerupuk yang berwarna alami. Hindari membeli kerupuk yang warnanya mencolok karena biasanya yang begitu dibuat dengan menambahkan pewarna makanan.

3. Cium lebih dulu kerupuk mentah itu. Jika dia rasa ikan, harus tercium jelas bau ikannya, dan jika rasa udang jelas baunya udang. Hindari membeli yang sudah bau apek/tengik karena soal rasa sudah pasti akan berubah.

B. CARA MENYIMPAN KERUPUK YANG BAIK

1. Simpan kerupuk mentah dalam wadah yang bersih, kering dan tertutup rapat. Udara yang dibaiarkan masuk akan merubah kerupuk menjadi lembab berjamur sehingga lembek dan tidak bagus lagi ketika digopreng.

2. Setelah digoreng, hendaknya selalu menurtup rapat tempat kerupuk supaya tiddak bereaksi dengan oksigen yang dapat menimbulkan melempem/lembek.

C. CARA MENGGORENG KERUPUK

1. Sebelum digoreng, jemur kerupuk supaya betul-betul kering sehingga mekarnya di penggorengan sangat baik.

2. Pakai minyak goreng baru (jangan jelantah) karena akan mempengaruhi rasa. Semakin baik kualitas minyak, hasil gorengannya juga semakin enak.

3. Ambil minyak dalam jumlah banyak, panaskan dalam suhu tinggi. Menggoreng kerupuk butuh minyak banyak dan panas. (Suhu 150 sampai 180 derajat Celcius).

4. Jangan mencemplungkan kerupuk sekaligus banyak. Bila perlu satu persatu saja mengingat kerupuk akan melar ketika digoreng.

5. Untuk menggoreng kerupuk Palembang, diperlukan minyak dalam dua derajat. Pertama minyak dingin dulu. Tujuan mencemplungkan kerupuk Palembang dalam minyak dingin adalah supaya membantu kandungan air yang ada di dalam kerupuk ikut terlepas bersama minyak dingin. Setelah itu baru digoreng dalam minyak yang betul-betul panas untuk menghilangkan semua kandungan air dan mematangkan dengan sempurna. Ini perlu dilakukan karena kerupuk Palembang biasanya tebal. Dan kerupuk yang tebal, banyak mengandung air. Jadi ingat! Kerupuk Palembang tidak bisa langsung digoreng di minyak panas. Goreng dulu di minyak dingin sampai menghangat, angkat, kemudian kalau sudah mulai dingin, goreng ulang diminyak panas.

6. Sebelum menyimpan gorengan kerupuk, ingatlah untuk meniriskannya selalu terlebih dulu.

SELAMAT MENGGORENG KERUPUK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih komentarnya gan ...